Melinjo biasanya digunakan sebagai pelengkap dalam sayur asam. Selain sanggup dijadikan
sayur, melinjo juga sanggup dibuat emping. Kamu tentu tahu dong apa itu emping? Emping ialah makanan
ringan yang terbuat dari melinjo yang sebelumnya disangrai terlebih dahulu baru
kemudian dihancurkan atau ditumbuk hingga pipih/gepeng berlanjut dikeringkan di bawah sinar matahari.

Biasanya emping melinjo banyak ditemui pada jenis
makanan Indonesia seperti bubur, soto, nasi kuning, dan lainnya. Selain sebagai
pelengkap makanan, emping juga sanggup dibuat sebagai cemilan seperti emping
balado atau emping manis. 
Adapun manfaat yang terkandung di dalam emping
melinjo yang perlu kamu ketahui, antara lain sebagai:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan yang amat tinggi pada melinjo, sanggup meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari tubuh dari serangan radikal bebas.

2. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini sanggup disebabkan karena serangan radikal bebas yang sanggup membuat penampilan kulit menjadi lebih tua. Penuaan dini ditandai dengan kulit yang semakin keriput, bintik hitam, dan kulit yang tidak elastis. Kandungan bahan antioksidan alami dalam buah melinjo dapat mencegah penuaan dini, oleh karena itu dianjurkan buat mengonsumsi emping melinjo secara teratur.

3. Memperkuat daya ingat

Kandungan antioksidan buah melinjo juga sanggup membantu meningkatkan daya ingat. Buah melinjo sanggup memperkuat daya ingat karena sanggup mendukung pertumbuhan sel-sel aktif dalam otak dan darah.

4. Melancarkan urin

Saat urin tidak lancar lalu semua sistem kemih sanggup bermasalah. Ada berbagai penyebab seperti bakteri dan sistem kemih yang memang tidak lancar. Buat mengatasi hal ini lalu kamu sanggup mengonsumsi buah melinjo. Namun jikalau tidak efektif lalu sanggup mencoba menggunakan uap dari buah melinjo yang direbus.

5. Mencegah anemia

Penyakit anemia sanggup terjadi karena tubuh kehilangan sel darah merah yang sanggup menyebabkan tidak ada oksigen cukup dalam tubuh. Kemudian anemia akan menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah, lelah, dan tidak bersemangat. Sakit kepala dan pusing menjadi gangguan utama yang menyebabkan tubuh menjadi semakin lemah. Mengonsumsi emping melinjo terbukti dapat menghilangkan gejala anemia 

Nah itulah beberapa manfaat dari emping melinjo. Tetapi perlu diingat, mengonsumsi sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baikEmping melinjo tinggi akan zat purin yang dapat menyebabkan asam urat. Jadi buat kamu yang memiliki riwayat asam urat dan darah tinggi, hati-hati ya ketika mengonsumsi emping melinjo. Semoga bermanfaat!

Beri tahu teman perihal ringkasan ini dengan:

Bagikan:

Leave a Comment