Natal identik dengan waktu berkumpul bersama orang-orang terkasih. Selain mendekor rumah dengan berbagai atribut Natal, membuat makanan khas juga tak ketinggalan, terutama kue sebagai kudapan kala berkumpul. Di Eropa yang identik dengan musim dingin kala perayaan Natal, banyak menyediakan kue berbahan dasar rempah-rempah yang dapat membuat tubuh hangat. Selain itu bahan yang digunakan juga ada cokelat, kismis, buah-buahan kering, dan kacang-kacangan. Bahkan ada kue yang menambahkan brandy sebagai salah satu komposisinya. Mau tau apa saja? Yuk, simak beberapa di antaranya!

1. Oliebollen


Sumber: Holland.com

Oliebollen dapat dibilang juga sebagai donatnya Belanda. Di Belgia, makanan khas Natal ini terkenal dengan nama smoutenbollen. Makanan ini terbuat dari gandum, telur, gist, susu, baking powder, garam, dan biasanya ditambahkan kismis dan irisan apel. Adonan bakal Oliebollen dibentuk bulat, digoreng kemudian ditaburi dengan gula halus dan disantap sambil menikmati wine.

2. Stollen


Sumber: Whydyoueatthat.wordpress.com

Stollen atau Christstollen merupakan kue khas Natal dari Jerman. Stollen memiliki arti yakni terowongan, sesuai dengan bentuknya yang seperti terowongan. Kue ini berasal dari abad ke-14. Bahannya terdiri dari mentega, buah kering, kacang-kacangan, rempah-rempah, gula pasir, dan gula halus sebagai topping.

3. Panettone


Sumber: Easymix.com.au

Roti manis yang dihidangkan pada kala Natal dan tahun baru ini merupakan makanan khas Italia. Panettone pertama kali dibuat pada abad ke-18. Roti ini terbuat dari mentega, telur, kismis, kulit jeruk yang diparut, dan kacang-kacangan. Bentuk roti ini seperti kubah dengan tinggi 30 cm dan biasa disajikan dengan wine atau kopi.

4. Buche de Noel


Sumber: Whydyoueatthat.wordpress.com

Kue ini telah terkenal sejak abad ke-12 di Prancis. Uniknya, kue ini memiliki bentuk seperti batang pohon, yang menggambarkan kebiasaan masyarakat setempat yang suka menebang pohon Yule. Buche de Noel ini sendiri biasanya terbuat dari roll cake (bolu gulung) dan selai buah yang bagian luarnya dilapisi dengan butter cream berwarna coklat bakal membentuk serat-serat kayunya dan daunnya dari marzipan.

5. Bolo Rei

Sumber: Marybloomy.com

Bolo Rei meiliki arti “king cake” atau kue raja. Diberi nama demikian karena bentuknya seperti mahkota raja. Kue buah ini merupakan kue Natal khas Portugal. Bolo rei terbuat dari terigu, telur, ragi, mentega, juga susu, kulit jeruk lemon parut, dan kismis. Bagian atasnya kemudian ditaburi manisan cherry, kacang almond, dan walnut cincang.

6. Krumkake


Sumber: Midwestliving.com

Kue khas Natal yang berbentuk unik seperti es krim cone ini berasal dari Norwegia. Krumkake merupakan kue kering wafel yang terbuat dari campuran gula, telur, tepung, dan susu sapi. Adonan krumkake dicetak dengan menggunakan krumkake iron kemudian digulung dengan menggunakan rolling pin berbentuk kerucut. Sesudah itu bagian atasnya diisi dengan whipped cream yang dicampur buah berry.

7. Lussekatt

Sumber: Sockervisp.wordpress.com

Roti ini merupakan makanan khas Swedia dan Finlandia. Lussekat, roti berbentuk S ini terbuat dari saffron, kayu manis, biasanya diisi dengan cokelat atau buah yang telah dikeringkan. Tekstur roti ini amat lembut, pas bakal dinikmati bersama minuman hangat.

8. Dundee


Sumber: Tastefood.info

Aneka kue natal dari berbagai negara di Eropa selanjutnya yakni kue Dundee. Kue Dundee merupakan kue buah yang dihiasi lingkaran almond dan parutan kulit jeruk khas Skotlandia. Yang unik dari kue ini, salah satu bahan pembuatannya yakni wiski.

9. Fruit Cake

Sumber: Gandummas.co.id

Selanjutnya ada fruit cake. Fruit cake merupakan kue khas Natal yang berasal dari Inggris. Yang membuat kue ini unik yakni proses pembuatannya. Fruit cake dibuat dua bulan sebelum Natal dan direndam dalam brandy.

10. Gingerbread Cookies

Sumber: Pittsburghmagazine.com

Siapa yang ngga kenal sama kue imut yang satu ini? Kue jahe menyebar di Eropa pada abad ke-11. Bahan dasarnya terbuat dari gula palem, madu, kayu manis, cengkeh, dan kapulaga. Pada tahun 1296, di Jerman gingerbread dibentuk menyerupai anak kecil dan diberi icing gula. Bentuk ini kemudian dipatenkan hingga sekarang.

Itu dia aneka kue Natal dari berbagai negara di Eropa. Nah, buat teman kuliner yang mau membeli kue bakal bingkisan Natal, langsung aja yuk datengin toko kue rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Bagikan:

Leave a Comment