Itiak Lado Mudo / Bebek Cabe Ijo.
Itiak lado mudo Pak Ayang adalah Oleh-oleh khas Bukittinggi yang merupakan masakan khas ngarai sianok dan Koto Gadang. Resep dari ibu yang paling pinter memasak. Itiak Lado Mudo ini merupakan makanan yang paling ngangenin dari Bukittinggi. Menurut sebagian orang, memasak memang hal yang cukup mudah. Selain memang mereka hobbi memasak dan memiliki talenta memasak yang cukup baik, mereka juga pandai dalam mengolah setiap masakan sehingga menjadi sajian yang sedap. Namun ada pula yang tidak terampil memasak, sehingga mereka harus mencari dan melihat resep-resep yang gampang diikuti.

Itiak Lado Mudo / Bebek Cabe Ijo

Itiak lado mudo (Bebek cabe ijo) CumiLebay.com.

Ada banyak menu khas Minang yang menggunakan racikan bumbu sambal hijau.

Itiak lado muda ini adalah salah satunya.

Menu masakan sunda:

Buat mama yang sekarang ini sedang ingin mencoba memasak makanan lezat tanpa ribet, silahkan anda bisa mencoba beberapa jenis masakan sederhana ini. Selain bahan-bahannya yang gampang didapat, anda juga dengan gampang mengaplikasikannya, terlebih bagi mama yang masih pemula.

Ibu dapat membuat Itiak Lado Mudo / Bebek Cabe Ijo menggunakan 16 bahan yang tidak sulit didapatkan:

Bahan utama Itiak Lado Mudo / Bebek Cabe Ijo seperti berikut:

  1. Ambil 1 ekor bebek.
  2. Anda butuhkan 2 ons cabe hijau.
  3. Sediakan 1 buah bawang bombay.
  4. Anda butuhkan 10 bawang merah.
  5. Anda butuhkan 5 bawang putih.
  6. Sediakan 5 kemiri.
  7. Sediakan 2 serai.
  8. Siapkan 2 cm Lengkuas.
  9. Siapkan 5 lembar daun jeruk.
  10. Ambil 2 lembar daun salam.
  11. Siapkan 1 lembar daun kunyit.
  12. Ambil 2 bunga lawang.
  13. Sediakan 6 kapulaga.
  14. Sediakan 4 cengkeh.
  15. Anda butuhkan 2 cm jahe.
  16. Sediakan secukupnya Garam, gula dan kaldu bubuk.

Itik atau bebek akan dimasak bersama bumbu-bumbu hingga meresap, empuk, dan keluar minyaknya.

Bebeknya dimasak dengan cabe ijo dan bumbu lainnya.

Pas dipanasin, aroma bawang putihnya menguar, bikin saya nggak sabar pengen cepet-cepet makan, hahah.

Itiak Lado Mudo (Bebek Cabe Ijo) Pertama kali nyobain Itiak Lado Mudo itu di Sianok, kampungnya ayahnya Uwais, pedesnya nampol, daging bebeknya empuk dan rasanya bener-bener enak, kalo lagi ga nafsu makan pake lauk ini mungkin makannya malah bisa nambah-nambah, hihihi.

Setelah semua ramuan siap berikut sebanyak 4 langkah yang memandu bagaimana membuat Itiak Lado Mudo / Bebek Cabe Ijo.

Petunjuk meracik Itiak Lado Mudo / Bebek Cabe Ijo

  1. Potong sesuai selera bebek kemudian bersihkan. Rebus bebek bersama dengam serai, jahe geprek, lengkuas geprek, daun salam, daun jeruk, daun kunyit sampai empuk. Kira kira 1 jam. Haluskan cabai hijau dan kemiri..

  2. Haluskan bawang merah dan bawang putih. Iris bawang bombay. Panaskan minyak goreng dlm wajan, masukkan bombay, aduk hingga rata. Masukkan bawang, kapulaga, bunga lawang, cengkeh. Tumis hingga harum.

  3. Masukkan cabai hijau ke dalam tumisan bawang. Aduk rata, masak hingga cabe layu. Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk..

  4. Masukkan bebek yg sudah di rebus ke dalam wajan, beribrebusan air bebek secukupnya. Aduk dan masak terus hingga bumbu meresap dan berminyak. Jangan lupa test rasa. Angkat dan siap dihidangkan..

Namanya adalah Itiak Lado Mudo atau bahasa sederhananya disebut bebek cabe ijo.

Itiak Lado Mudo adalah salah satu Kuliner Khas Bukittinggi yang amat sangat enak dan gurih saat dinikmati.

Itiak lado mudo / Bebek cabe ijo ini dimasak dengan bumbu pilihan tanpa bahan pengawet dan dengan resep asli turun temurun khas Ngarai Sianok Bukittinggi.

Masakan khas Bukittinggi ini menawarkan sensasi rasa pedas yang menggugah selera.

Setelah dimasak, itiak lado mudo akan kami bekukan terlebih dahulu sebelum dikirim.

Saat memasak Itiak Lado Mudo / Bebek Cabe Ijo banyak mengalami kegagalan, berikut ini beberapa tips yang perlu anda perhatikan. Berbagai cara yang perlu diperhatikan seperti pemilihan bahan baku. Bahan yang digunakan harus berkualitas baik dan masih segar. Alat masak dan rempah harus gunakan yang bersih. Untuk lebih detailnya, silahkan membaca tips memasak Itiak Lado Mudo / Bebek Cabe Ijo agar memperoleh hasil yang maksimal.

Petunjuk buat Itiak Lado Mudo / Bebek Cabe Ijo agar mendapatkan hasil yang mantap

Memasak adalah tindakan yang sering dilakukan oleh setiap orang, namun tidak setiap orang memiliki telenta dalam memasak. Beberapa hal perlu kita perhatikan ketika sedang memasak agak menghasilkan hasil buatan Itiak Lado Mudo / Bebek Cabe Ijo yang maksimal, apa sajakah itu?

  1. Penentuan bahan makanan yang tepat juga mempengaruhi hasil masakan, mulai dari pemilihan bahan yang segar akan sangat bagus karena kandungan gizinya masih sangat baik.
  2. Peranti masak yang digunakan juga harus sesuai dengan apa yang dimasak. Serta harus diperhatikan kebersihan dari alat masak tersebut agak tidak mempengaruhi cita rasa dan kandungan gizinya.
  3. Cara memasak Itiak Lado Mudo / Bebek Cabe Ijo, meliputi mana bahan-bahan apa saja yang harus diolah terlebih dahulu dan mana yang diolah belakangan dan kapan harus memasukkan bumbu-bumbu. Hal ini dilakukan agar menghasilkan buatan yang memiliki kualitas gizi dan rasa masakan terjaga tanpa mengurangi kelezatan masakan.

Sudah tahu kan hal yang perlu kamu perhatikan ketika memasak? Usahakan menggunakan dan memilih bahan makanan yang tepat dan mengikuti langkah-langkah memasak Itiak Lado Mudo / Bebek Cabe Ijo dengan benar. Selamat mencoba…!!!

Bagikan:

Leave a Comment